Transfercase loncat pada Taft? Ini Solusinya!
JIP - Cobalah pikirkan skenario ini : Waktu bakal mengalahkan tanjakan curam, kita juga memposisikan tuas transfercase ke 4L. Tetapi di tengah-tengah tanjakan, mendadak tuas itu lompat kembali ke posisi netral (N). Dapat dipikirkan malapetaka yang menghadang, kendaraan sekonyong-konyong menggelinding tanpa ada dapat dikendalikan!
(Tc 1)
Loncatnya posisi tuas transfercase ini adalah peristiwa yang sangat fatal. Terlebih pada posisi tuas di 4L, lantaran bakal geser ke netral. Apabila posisinya di 4H, umumnya cuma bakal loncat ke posisi 2H.
(Tc 2)
Penyakit ini juga dapat menyerang seluruhnya jip 4x4 lawas, termasuk juga Daihatsu Taft Kebo, GT maupun Rocky. “Menjadi momok yang merisaukan pemakai Taft, ” papar Hendro Adi Pramono dari bengkel AMS di bilangan Jakarta Timur ini.
(Tc 3)
Menurut Hendro, sesungguhnya penyakit tuas lompat semakin banyak dikarenakan oleh ketidakperdulian pada tanda-tanda awal rusaknya. Rusaknya pasti bermula dari ausnya sebagian komponen internal transfercase, seperti bearing bambu pada counter gear. “Jika dilewatkan, jadi bakal menyebabkan rangkaian rusaknya susulan yang sifatnya lebih kronis, serta memerlukan cost besar, ” jelas Hendro.
(Tc 4)
Jika tanda-tanda telah dideteksi dengan cara awal, jadi rusaknya dapat dijauhi. “Maintenance jadi kunci intinya. Taft memanglah populer badak, tetapi bukanlah bermakna tak perlu perawatan, ” wanti Hendro.
(Tc 5)
Apabila tanda-tanda telah nampak, jadi langkah setelah itu yaitu selekasnya melakukan perbaikan, serta ganti komponen yang telah aus.
(Tc 6)
Gejala
Baiknya siaga jika tampak kebocoran pada flange transfercase, baik di bagian menuju gardan depan maupun belakang. Hal semacam ini dikarenakan oleh ausnya seal oli pada unit itu. Dengan menyusutnya oli pada transfercase, jadi pelumasan juga terganggu, yang lalu berimbas pada bearing.
(Tc 7)
Selekasnya melakukan tindakan bila muncul bunyi mengaung, yang disebut tanda-tanda keausan bearing bambu. Ini lalu bikin countergear tak berputar dengan cara presisi pada tempatnya, yang berbuntut pada ausnya as pada gir itu. “Ini menyebabkan hub sleve naik turun serta beradu dengan garpu transfercase. Inilah pemicu loncatnya tuas, ” cerocosnya. (gbr. tc, 1, 2 & 3)
(Tc 8)
Dampak Domino
Rentetan peristiwa kurangnya debet oli pada transfercase ini beresiko lanjut. Seperti dampak domino, rusaknya lain juga menyusul. “Kerusakan pada gigi counter gear jadi daftar setelah itu. Tidak cuma itu, lantaran hub sleve berputar tak presisi serta naik-turun, jadi bukan sekedar garpu transfer saja yang akan rusak, tetapi juga as yang menghubungkan tuas transfer dengan garpu.
Ausnya as ini bakal turut memengaruhi ‘warga’ penghuni transfercase yang lain. “As garpu yang telah cacat bakal membebani kerja dua jenis bantalan pelor serta beberapa per. Hal semacam ini mengakibatkan pelor jadi tak presisi lagi serta per di bagian itu melemah, ” tutup Hendro. (gbr tc4, 5, 6, 7, 8 & 9)
(Tc 9)
Harga sparepart
Bearing bambu : Rp. 45 beberapa ribu/pc
As garpu : Rp. 160 beberapa ribu/pc
Garpu : Rp. 750 beberapa ribu/pc
Per pelor : Rp. 15 beberapa ribu x 2pcs
Pelor bulat : Rp. 10. beberapa ribu x 2pcs
Pelor kapsul : Rp. 30 beberapa ribu/pc
Cost bongkar-pasang tranfercase Rp 350 beberapa ribu
Jumat, 21 November 2014
artikel
Izin nanya om Iwan BR...dimana tempat jual part transfer yg tertera pd tulisan di atas
BalasHapussebelum,saya bawa ke bengkel,masuk 1.lepas sendiri,tak bwa ke bngkel,bonkar trsnmisi,banyak spart pat tak ganti,di pasang,trus persneling1.2lepas,tambsh rusak
BalasHapusBengkel mana oom? Dimana toko yg jual part taft badak/kebo/gt?
HapusKalo posisi d 4L ada bunyi ngerelek knapa yah om..
BalasHapussama Punya.saya Juga ngerelek.di 4L ujung ujung na Nentral
BalasHapusIjin nanya kenapa mobil saya kalaw masukin gigi atreknya pas jalan gigi transfernya langsungguh balik atau netral.mobil saya rocky 5spit.
BalasHapusIjin om, mo nanya,kalau Taft
BalasHapusbisa tak bongkar transfercase tanpa turun transmisi,
Pny sy 4L ga mau masuk....
BalasHapusPagi gan?mo nanya ne, kalo mbl ngelock transfer nya gak mau N apa masalh nya ya, Hiline97
BalasHapusBg Iwan tiramisu badak ,lompat terus giginya kira2 apanya yah
BalasHapusApa bisa ganti bambunya tranmisi tak di turunkan
Om numpang tanya... Mobil Sy doulbe sering slip kopling...kalau handel gigi doule takmau di gerakkan ..semua gigi tdk berfungsi..dimasukkan giginya masuk...di angkat kopling nya tak mau berjalan..
BalasHapusKadang benar dg sendirinya..
BalasHapusMhn ijin kalau beli spork taft kebo dimana ya om
BalasHapusMantab ilmunya Om Brow... 👍👍👍👍
BalasHapus🇮🇩💗🇮🇩
Taft saya sering rusak fork transfer yg pendek om apa penyebab nya om?��
BalasHapusTaft saya juga ni om..dah pusing bikinnya..apa penyebab nya om?
HapusPak ada yg jual tranmisi debelx sj.
BalasHapusBos numpang tanya..saya punya taft kebo ada masalah di radiatornya.mau beli yg asli udah gak ada lagi adanya merk ADR.menurut sampean selain radiator merk ADR ada lagi gak yg sama pecis sama model radiator yg lama?
BalasHapusRocky independent sy transfer casenya bermasalah di N/4L nya ga mau masuk/keras bgt tapi klo ke 2H/4L masuknya enak, soalnya sy ga pernah main 4x4 kira kira apanya yg bermasalah ya
BalasHapusMau nanya om..ap masalah nya kl lg pke.2H trus keadaan mobil lagi jalan tau2 lngsung kyak netral padal keadaan gigi masuk semua.trus kl sdh bgt mau di masukan ke.4L ngk mau.ap masalah nya om?
BalasHapusMau nanya ni bos... Apa penyebab fork garpu sering rusak ?
BalasHapusPer pelor,pelor bulat dan pelor kalsul dalam buku katalog namanya apa yah?
BalasHapusTolong di bantu solusinya gan taft f 70 ane klo masuk 4 L untuk kembali ke 2L nggak bisa musti bongkar tongkat atas trus di cungkil pake obeng panjang tolong di jawab yg ngerti gan
BalasHapusYang jual per tongkat transfer taft f50 di mana ya gan
BalasHapusdmna blix sperpak tc f50 badak
BalasHapusNi punya f50,,masuk 2h lompat trus handel ngunci ga mau digerakan...kira2 apanya om,,,hub sudah ganti?mohon pencerahannya om???🙏🙏🙏
BalasHapusOm numpang tanya om,doubel beratnya helene tidak bisa masuk itu penyebabx apa?solusix gmna om?sedangkan untuk double ringannya anteng aja,
BalasHapus