Transfercase loncat pada Taft? Ini Solusinya!

Transfercase loncat pada Taft? Ini Solusinya!



JIP - Cobalah pikirkan skenario ini : Waktu bakal mengalahkan tanjakan curam, kita juga memposisikan tuas transfercase ke 4L. Tetapi di tengah-tengah tanjakan, mendadak tuas itu lompat kembali ke posisi netral (N). Dapat dipikirkan malapetaka yang menghadang, kendaraan sekonyong-konyong menggelinding tanpa ada dapat dikendalikan!

(Tc 1)
Loncatnya posisi tuas transfercase ini adalah peristiwa yang sangat fatal. Terlebih pada posisi tuas di 4L, lantaran bakal geser ke netral. Apabila posisinya di 4H, umumnya cuma bakal loncat ke posisi 2H.


(Tc 2)
Penyakit ini juga dapat menyerang seluruhnya jip 4x4 lawas, termasuk juga Daihatsu Taft Kebo, GT maupun Rocky. “Menjadi momok yang merisaukan pemakai Taft, ” papar Hendro Adi Pramono dari bengkel AMS di bilangan Jakarta Timur ini.

(Tc 3)
Menurut Hendro, sesungguhnya penyakit tuas lompat semakin banyak dikarenakan oleh ketidakperdulian pada tanda-tanda awal rusaknya. Rusaknya pasti bermula dari ausnya sebagian komponen internal transfercase, seperti bearing bambu pada counter gear. “Jika dilewatkan, jadi bakal menyebabkan rangkaian rusaknya susulan yang sifatnya lebih kronis, serta memerlukan cost besar, ” jelas Hendro.

(Tc 4)
Jika tanda-tanda telah dideteksi dengan cara awal, jadi rusaknya dapat dijauhi. “Maintenance jadi kunci intinya. Taft memanglah populer badak, tetapi bukanlah bermakna tak perlu perawatan, ” wanti Hendro.

(Tc 5)
Apabila tanda-tanda telah nampak, jadi langkah setelah itu yaitu selekasnya melakukan perbaikan, serta ganti komponen yang telah aus.

(Tc 6)
Gejala
Baiknya siaga jika tampak kebocoran pada flange transfercase, baik di bagian menuju gardan depan maupun belakang. Hal semacam ini dikarenakan oleh ausnya seal oli pada unit itu. Dengan menyusutnya oli pada transfercase, jadi pelumasan juga terganggu, yang lalu berimbas pada bearing.

(Tc 7)
Selekasnya melakukan tindakan bila muncul bunyi mengaung, yang disebut tanda-tanda keausan bearing bambu. Ini lalu bikin countergear tak berputar dengan cara presisi pada tempatnya, yang berbuntut pada ausnya as pada gir itu. “Ini menyebabkan hub sleve naik turun serta beradu dengan garpu transfercase. Inilah pemicu loncatnya tuas, ” cerocosnya. (gbr. tc, 1, 2 & 3)

(Tc 8)
Dampak Domino
Rentetan peristiwa kurangnya debet oli pada transfercase ini beresiko lanjut. Seperti dampak domino, rusaknya lain juga menyusul. “Kerusakan pada gigi counter gear jadi daftar setelah itu. Tidak cuma itu, lantaran hub sleve berputar tak presisi serta naik-turun, jadi bukan sekedar garpu transfer saja yang akan rusak, tetapi juga as yang menghubungkan tuas transfer dengan garpu.
Ausnya as ini bakal turut memengaruhi ‘warga’ penghuni transfercase yang lain. “As garpu yang telah cacat bakal membebani kerja dua jenis bantalan pelor serta beberapa per. Hal semacam ini mengakibatkan pelor jadi tak presisi lagi serta per di bagian itu melemah, ” tutup Hendro. (gbr tc4, 5, 6, 7, 8 & 9)

(Tc 9)
Harga sparepart
Bearing bambu : Rp. 45 beberapa ribu/pc
As garpu : Rp. 160 beberapa ribu/pc
Garpu : Rp. 750 beberapa ribu/pc
Per pelor : Rp. 15 beberapa ribu x 2pcs
Pelor bulat : Rp. 10. beberapa ribu x 2pcs
Pelor kapsul : Rp. 30 beberapa ribu/pc

Cost bongkar-pasang tranfercase Rp 350 beberapa ribu

27 Responses to "Transfercase loncat pada Taft? Ini Solusinya!"

  1. Izin nanya om Iwan BR...dimana tempat jual part transfer yg tertera pd tulisan di atas

    BalasHapus
  2. sebelum,saya bawa ke bengkel,masuk 1.lepas sendiri,tak bwa ke bngkel,bonkar trsnmisi,banyak spart pat tak ganti,di pasang,trus persneling1.2lepas,tambsh rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bengkel mana oom? Dimana toko yg jual part taft badak/kebo/gt?

      Hapus
  3. Kalo posisi d 4L ada bunyi ngerelek knapa yah om..

    BalasHapus
  4. sama Punya.saya Juga ngerelek.di 4L ujung ujung na Nentral

    BalasHapus
  5. Ijin nanya kenapa mobil saya kalaw masukin gigi atreknya pas jalan gigi transfernya langsungguh balik atau netral.mobil saya rocky 5spit.

    BalasHapus
  6. Ijin om, mo nanya,kalau Taft
    bisa tak bongkar transfercase tanpa turun transmisi,

    BalasHapus
  7. Pagi gan?mo nanya ne, kalo mbl ngelock transfer nya gak mau N apa masalh nya ya, Hiline97

    BalasHapus
  8. Bg Iwan tiramisu badak ,lompat terus giginya kira2 apanya yah
    Apa bisa ganti bambunya tranmisi tak di turunkan

    BalasHapus
  9. Om numpang tanya... Mobil Sy doulbe sering slip kopling...kalau handel gigi doule takmau di gerakkan ..semua gigi tdk berfungsi..dimasukkan giginya masuk...di angkat kopling nya tak mau berjalan..

    BalasHapus
  10. Mhn ijin kalau beli spork taft kebo dimana ya om

    BalasHapus
  11. Mantab ilmunya Om Brow... 👍👍👍👍
    🇮🇩💗🇮🇩

    BalasHapus
  12. Taft saya sering rusak fork transfer yg pendek om apa penyebab nya om?��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taft saya juga ni om..dah pusing bikinnya..apa penyebab nya om?

      Hapus
  13. Pak ada yg jual tranmisi debelx sj.

    BalasHapus
  14. Bos numpang tanya..saya punya taft kebo ada masalah di radiatornya.mau beli yg asli udah gak ada lagi adanya merk ADR.menurut sampean selain radiator merk ADR ada lagi gak yg sama pecis sama model radiator yg lama?

    BalasHapus
  15. Rocky independent sy transfer casenya bermasalah di N/4L nya ga mau masuk/keras bgt tapi klo ke 2H/4L masuknya enak, soalnya sy ga pernah main 4x4 kira kira apanya yg bermasalah ya

    BalasHapus
  16. Mau nanya om..ap masalah nya kl lg pke.2H trus keadaan mobil lagi jalan tau2 lngsung kyak netral padal keadaan gigi masuk semua.trus kl sdh bgt mau di masukan ke.4L ngk mau.ap masalah nya om?

    BalasHapus
  17. Mau nanya ni bos... Apa penyebab fork garpu sering rusak ?

    BalasHapus
  18. Per pelor,pelor bulat dan pelor kalsul dalam buku katalog namanya apa yah?

    BalasHapus
  19. Tolong di bantu solusinya gan taft f 70 ane klo masuk 4 L untuk kembali ke 2L nggak bisa musti bongkar tongkat atas trus di cungkil pake obeng panjang tolong di jawab yg ngerti gan

    BalasHapus
  20. Yang jual per tongkat transfer taft f50 di mana ya gan

    BalasHapus
  21. dmna blix sperpak tc f50 badak

    BalasHapus
  22. Ni punya f50,,masuk 2h lompat trus handel ngunci ga mau digerakan...kira2 apanya om,,,hub sudah ganti?mohon pencerahannya om???🙏🙏🙏

    BalasHapus
  23. Om numpang tanya om,doubel beratnya helene tidak bisa masuk itu penyebabx apa?solusix gmna om?sedangkan untuk double ringannya anteng aja,

    BalasHapus

wdcfawqafwef